Terbukti! Ini Cara Agar Sukses dalam Hidup


Sukses adalah sebuah kata subjektif yang memiliki ragam pengertian sesuai dengan kondisi setiap individu. Bagi beberapa orang sukses mungkin dapat diartikan sebagai kemampuan membangun keluarga bahagia, sementara orang lain kata ini diartikan sebagai keberhasilan mencapai posisi tinggi dalam perusahaan.

Maslow dalam teori hirarki kebutuhan menyatakan bahwa puncak kesuksesan seseorang ada pada kemampuan aktualisasi diri. Untuk mencapainya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan sebab Anda harus memenuhi kebutuhan dibawahnya, mulai dari tercukupinya kebutuhan primer hingga menemukan cinta dan tujuan hidup sebagai manusia.

Hmmm, lalu adakah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas hidup agar dapat mencapai sukses jika pengertian sukses berbeda? Secara umum, memang ada beberapa panduan yang bisa dijalankan untuk meraih kesuksesn lho. Jika Anda penasaran, artikel berikut menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan agar dapat meraih sukses dalam hidup:

Tingkatkan kepercayaan diri dengan mengambil “langkah”

Katty Kay dan Claire Shipman – penulis dari The Confidence Code – pernah menulis bahwa kesuksesan seseorang bergantung pada kepercayaan diri mengambil sebuah langkah. Mereka menyatakan bahwa menjalankan sebuah aksi mampu meningkatkan kepercayaan orang mengenai kemampuan mereka untuk meraih lebih baik. Dengan demikian, mereka akan selalu bekerja keras menyelesaikan apapun yang dimulai bahkan jika harus gagal berulang kali.

Tentukan tujuan hidup

Anda harus memahami bahwa hidup adalah milik sendiri, oleh karena itulah Anda memiliki hak penuh mengaturnya. Tentu saja rencana hidup pribadi akan datang bersama beberapa konsekuensi yang harus dihadapi, mulai dari bekerja keras hingga keharusan mengorbankan beberapa hal. Namun jika telah menemukan tujuan hidup, maka percayalah bahwa segala kesulitan tersebut tidak akan menyurutkan langkah meraihnya.

Tingkatkan kemampuan bersosialisasi

Catherine Weinberger - ekonom dari University of California Santa Barbara- dalam penelitiannya menemukan bahwa pebisnis sukses adalah mereka yang piawai secara kognitif sekaligus handal dalam bersosialisasi. Dalam studi tersebut ia menemukan bahwa mereka yang mengombinasikan dua aspek tersebut terbukti mampu menghasilkan lebih banyak dibandingkan yang hanya mengandalkan salah satunya.

Mulailah dari yang kecil, namun konsisten

James Clear sebagai salah satu penulis kenamaan menyatakan bahwa memulai usaha kecil namun dilakukan secara konsisten setiap hari memberikan kontribusi cukup positif terhadap kesuksesan Anda. Ia memberikan beberapa contoh bahwa kebanyakan orang-orang berpengaruh – atlet, musisis, CEO, dan pekerja seni sukses – adalah mereka yang lebih konsisten dibandingkan kolega yang lain. Mereka adalah individu yang tidak pernah menyerah dan berlatih setiap hari, sementara orang lain terlibat dalam pertarungan konstan antara menunda-nunda pekerjaan dan motivasi untuk menyelesaikannya.

Terus tingkatkan diri

Tanyakan pada diri sendiri apa yang harus dilakukan agar hari ini lebih baik dari sebelumnya. Cobalah untuk melakukan apapun secara lebih efisien baik ketika menyelesaikan urusan kantor maupun kehidupan harian. Jangan pernah puas dengan pencapaian “baik” karena Anda masih bisa meningkatkannya agar menjadi “lebih baik”, “sangat baik”, bahkan “istimewa”. Ingatlah bahwa kesuksesan adalah jalan panjang yang dipenuhi dengan kesulitan dan kegagalan, namun cukup berharga untuk diperjuangkan.

Jangan menyerah

Angela Duckworth selaku psikolog yang telah menghabiskan waktu puluhan tahun mempelajari anak-anak dan orang dewasa menemukan bahwa kemampuan bertahan adalah hal yang diperlukan untuk meraih sukses dalam hidup. Anda perlu bertahan dengan apa yang telah dicita-citakan dan mengusahakan jalan untuk meraihnya, bukan hanya bertahan dalam sehari, seminggu, atau sebulan melainkan bertahan selama bertahun-tahun.

Tanamkan “Growth Mindset”

Carol Dweck selaku psikolog dari Stanford menyatakan bahwa bagaimana seseorang melihat diri sendiri berpengaruh pada kebahagian dan kesuksesan. Mereka yang memiliki kepribadian “fixed mindset” mempercayai bahwa karakter, kepintaran, dan kreativitas adalah sesuatu yang tidak bisa dirubah, dan menghindari kegagalan adalah cara untuk membuktikan kemampuan dan kesuksesan.

Mereka yang memiliki “growth mindset” mempercayai bahwa kegagalan merupakan salah satu cara berkembang, sehingga mereka tak segan menerimanya sebagai tantangan. Orang-orang seperti ini tidak pernah menyerah dan belajar dari kritik untuk mencapai level lebih tinggi. Mereka percata bahwa setiap orang memiliki potensi tak terbatas yang dapat terus digali untuk mendapatkan yang lebih baik.

Menjadi orang sukses adalah jalan panjang yang pasti dipenuhi “duri” dan “kerikil”, namun akan berbuah manis jika telah diraih. Kuncinya adalah berpikir positif dan tidak pernah menyerah untuk menggapainya. Hal yang paling penting adalah melakukannya mulai dari sekarang, bukan hanya memikirkan dan mengimpikan. Selamat mencoba.
Title : Terbukti! Ini Cara Agar Sukses dalam Hidup
Description : Sukses adalah sebuah kata subjektif yang memiliki ragam pengertian sesuai dengan kondisi setiap individu. Bagi beberapa orang sukses mung...