Penyebab Turunnya Penghasilan dari Google Adsense



Kalau teman-teman blogger perhatikan, penghasilan dari Google Adsense sering mengalami naik turun setiap bulannya. Kadang terjadi peningkatan signifikan, tapi kadang justru turun drastis. Sebenarnya apa sih penyebabnya?

Ada beberapa penyebab turunnya penghasilan kita dari Google Adsense. Ada yang terjadi karena faktor luar (diluar kendali kita), dan ada juga yang terjadi karena faktor dari blog kita sendiri. Nah di artikel ini saya ingin membahas sedikit tentang masalah ini.

Berikut ini adalah beberapa penyebab turunnya penghasilan dari Google Adsense:

1. Jumlah Pengunjung Blog Menurun

Trafik blog sangat berpengaruh pada besarnya penghasilan blogger dari Google Adsense. Bila trafik blog kita mengalami penurunan, maka kemungkinan besar penghasilan dari Google Adsense pun akan mengalami penurunan juga.

Namun tidak selalu demikian, terkadang ada pengiklan yang berani menambah budget beriklan sehingga nilai per klik iklan akan semakin besar. Dan tentu saja semakin besar nilai per klik akan berpengaruh sekali pada penghasilan.

2. Update Artikel

Salah satu kunci sukses di Google Adsense adalah konten yang selalu up date atau ada artikel baru yang bermanfaat bagi pengunjung. Semakin banyak konten dalam sebuah blog maka kemungkinan besar nilai CPC nya juga akan ikut naik.

3. Penentuan Posisi Iklan

Posisi iklan Adsense juga ternyata sangat berpengaruh lho pada penghasilan. Karena itu, pastikan iklan Adsense yang kita pasang di blog mudah terlihat oleh para pengunjung, tapi bukan berarti kita bisa memasang sesuka hati posisi iklannya.

Pasanglah iklan Adsense di beberapa bagian yang strategis, diantaranya di bagian bawah artikel, di side bar, dan di bawah judul artikel. Untuk mendapatkan posisi iklan dan jenis iklan yang paling optimal, kita perlu melakukan sedikit percobaan dengan menempatkan posisi iklan berganti-ganti.

4. Memasang Iklan Sesuai Porsi

Jumlah iklan Adsense dalam halaman blog kita juga berpengaruh pada besarnya penghasilan dari Google Adsense. Saran saya lebih baik memasang sedikit saja iklan Adsense di blog, tapi posisinya pada bagian yang strategis. Menurut pengalaman saya, jika kita memasang terlalu banyak iklan Adsense ( misalnya 3 iklan kontekstual, dan 3 unit link) maka nilai CPC yang didapatkan akan semakin kecil. Sedikit iklan akan memungkinkan iklan yang mahal akan muncul terlebih dahulu dan memberikan kita kesempatan mendapat penghasilan lebih besar.

Baca juga:

Title : Penyebab Turunnya Penghasilan dari Google Adsense
Description : Kalau teman-teman blogger perhatikan, penghasilan dari Google Adsense sering mengalami naik turun setiap bulannya. Kadang terjadi pening...

2 Responses to "Penyebab Turunnya Penghasilan dari Google Adsense"

  1. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara Mencairkan Uang Pendapatan Google Adsense: 3 Metode Pembayaran
    Penghasilan Adsense Menurun? Ketahui Penyebabnya Disini!
    Pembayaran Adsense Bulan Ini Pending, Pertanda Banned? BUKAN!
    Cara Mengubah Alamat (Identitas) Penerima Pembayaran Adsense

    Barangkali dapat membantu :)

    BalasHapus
  2. kalau cara untuk segera di pasang iklan google adsense gimana caranya?? mohon bantuannya...
    www.chordaa.top

    BalasHapus

Mohon jangan meninggalkan komentar SPAM karena akan saya hapus. Berkomentarlah dengan baik, komentar kamu pasti akan tampil. Terimakasih :)

Belajar Blogging

Belajar Internet Marketing

Belajar SEO

Media Sosial