Alamat Website Dengan Atau Tanpa WWW, Lebih Bagus Mana?


Teman-teman blogger pasti pernah menemukan url website dengan menggunakan www dan juga yang tanpa www. Nah kemarin itu, teman saya sempat bingung. Dia menganggap bahwa website tanpa www lebih bagus posisinya di Google dibandingkan dengan website yang pakai www. Wah ini pendapat yang keliru ya, karena menurut saya tidak ada pengaruhnya ke SERP Google.

Tapi bila kamu punya blog atau website, pastikan bahwa website kamu itu menggunakan salah satu saja ya. Misalnya kamu tidak pakai www, maka pastikan semua url dalam web kamu pakai www, begitu juga sebaliknya.

Contoh:
  • www.domainku.com (pakai www)
  • domainku.com (tanpa www)
Kalau ditanya mana yang lebih bagus untuk SEO, jawabannya sama saja bagusnya. Itu tergantung si pemilik website apakah lebih suka menggunakan www atau tanpa www. Yang pasti di dalam satu website lebih baik menggnakan salah satunya saja. Kenapa begitu?

1. Harus Konsisten

Sebenarnya tanpa www dan dengan www tidak ada bedanya dari sisi SEO. Dalam satu website kita harus konsisten akan menggunakan www atau tidak. Penggunaan www sebenarnya adalah subdomain dari domain utama kita. Jadi dalam satu website, kita gunakan salah satunya saja.

2. Menghindari Duplikasi

Mesin pencari (misalnya Google) penggunaan www dan tanpa www adalah website yang terpisah. Nah jika kita menggunakan keduanya maka akan dianggap ada dua website yang isinya sama persis sehingga akan merusak posisi website kamu di SERP Google.

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Untuk pengguna blogger tidak usah pusing ya, kita tidak perlu mengurusi masalah seperti ini karena kita menggunakan subdomain dari blogger. Buat teman-teman pengguna wordpress, kamu bisa melakukan pengaturan sederhana dari Cpanel.

Caranya sederhanya,

1. Masuk ke Cpanel hosting website kamu, lalu lihat menu Redirects. Klik tombol redirects tersebut, nanti akan muncul form isian yang harus kita setting.

2. Masukkan isian:
  • Type: Permanent (301)
  • http://: pilih domain.com (Sesuaikan dengan nama domain teman-teman)
  • Redirects to→: Masukkan http://www.domain.com (Sesuaikan dengan nama domain teman-teman dan pastikan menggunakan www)
  • www. redirection: Pilih yang Do Not Redirect www.
  • Centang isian Wild Card Redirect
  • Lalu klik Add
3. Selesai, sangat mudah bukan!

Nah itu dia penjelasan singkat tentang website yang menggunakan www dan tanpa www. Pada intinya kekuatan SEO nya sama saja, yang pasti kita harus konsisten mau menggunakan yang mana. Semoga bermanfaat.
Title : Alamat Website Dengan Atau Tanpa WWW, Lebih Bagus Mana?
Description : Teman-teman blogger pasti pernah menemukan url website dengan menggunakan www dan juga yang tanpa www. Nah kemarin itu, teman saya sempat...